Berbagai Aktivitas Lansia Dibantu Robot Asisten, Apakah Bisa Efektif?

Berbagai teknologi diciptakan begitu banyak, dengan berbagai kecanggihan, dan bentuk yang unik juga dengan berbagai fungsi tersendirinya. Semakin banyak teknologi canggih seperti itu juga, sampai bisa membantu semua kalangan, sampai juga pada lansia untuk merasakan teknologi zaman sekarang.

Produktivitas kaum lansia akan menurun seiring bertambahnya usia. Tak jarang pula kita lihat lansia yang menjalani hari-harinya dengan kesepian. Oleh karena itu, sejumlah peneliti di seluruh dunia mengembangkan sebuah robot yang dapat menemani orang lanjut usia. Salah satunya Honda.

Honda menciptakan robot bernama Asimo yang dapat melakukan sejumlah aktivitas mulai dari naik tangga, melompat, hingga berbicara dengan menggunakan bahasa isyarat. Dikutip dariĀ Engadget, Jumat (01/09/2017).Tim peneliti Honda berharap Asimo bisa membantu orang lanjut usia yang memiliki keterbatasan dalam bergerak. Asimo bisa melakukan tugas sederhana seperti membawa segelas air dan mematikan saklar lampu.

Robot lainnya adalah The Dinsow yang diproduksi CT Asia Robotics. The Dinsow bisa mengingatkan pengguna untuk meminum obat, melacak data kesehatan, dan dapat mengangkat telepon dari keluarga dan dokter secara otomatis. Menurut ahli gerontologi, Susan Madlung, kehadiran robot bisa menjadi solusi yang efektif untuk membantu dan menghibur orang lanjut usia karena mereka yang dikucilkan masyarakat adalah sebuah masalah serius.