Benarkah iPhone XR Resmi Meluncur dengan Harga Murah

Apple akhirnya resmi mengumumkan ketiga iPhone generasi terbarunya, iPhone XS, iPhone XS Max, dan Apple memperkenalkan satu lagi lini andalannya iPhone XR (dibaca iPhone Ten R).

Dapat dikatakan, iPhone XR adalah penerus iPhone 8 Plus keluaran 2017 lalu. Dari segi desain, iPhone XR yang masuk kelas menengah ke bawah mengusung layar 6,1 inci, sudah bezel-less dan punya poni (notch).

Perusahaan teknologi yang bermarkas di Cupertino, Amerika Serikat (AS) itu pun mengungkap tanggal penjualan ketiga iPhone teranyar ini.

Disampaikan SVP Worldwide Marketing Apple Phill Schiller, iPhone XS, XS Max, dan XR akan dijual di AS pada 21 September 2018.

Adapun periode pre-order akan dimulai Jumat besok, 15 September 2018. Ukuran layar ini tergolong besar di kelasnya, mengingat iPhone 8 Plus sebelumnya hanya mengusung ukuran layar 5,5 inci.

Bedanya iPhone XR dari iPhone XS dan iPhone XS Max adalah jenis layar yang masih LCD, bukan OLED yang umum dipakai ponsel flagship. Resolusi layar iPhone XR 1.792 x 828 piksel dengan kerapatan 326 ppi yang terbilang standar.

Sama seperti iPhone XS dan iPhone XS Max, iPhone XR juga mengusung chipset premium A12 Bionic dengan arsitektur 7 nm yang diklaim andal untuk menangani pekerjaan berat. iPhone XR tersedia dalam 5 warna, yaitu  putih, hitam, biru, coral, dan kuning.

iPhone XR hanya memiliki satu (tunggal) kamera belakang dengan sensor resolusi 12 megapiksel. Kamera itu dilengkapi stabilizer optikal (OIS), bukaan F/1.8, lensa 6 elemen, true tone flash, serta pendeteksi kedipan.

VP Marketing Apple, Phillip Schiller mengatakan “Dengan satu kamera, iPhone XR bisa membidik mode portrait dengan menakjubkan,”

iPhone XR memiliki baterai yang diklaim lebih lama 90 menit ketimbang iPhone 8 Plus, fitur anti-air bersertifikasi IP67, Dual SIM, serta perekaman dengan audio stereo.

iPhone XR tersedia dengan varian memori yang bisa dipilih antara 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Harga iPhone XR mulai 749 dollar AS atau setara Rp 10,7 jutaan.