Begini YouTube Mengubah Cara Navigasi Video Untuk Pengguna iOS

YouTube mengubah cara navigasi video mereka sebagai update pada layanan seluler. Perusahaan mengumumkan bahwa minggu ini akan meluncurkan fitur tersebut kepada pengguna iOS.

Meski begitu, mereka menolak mengatakan kapan fitur itu akan mencapai pengguna Android.

Update tersebut adalah berupa gerakan menggeser horizontal baru yang memungkinkan pengguna bergerak maju dan mundur melalui video yang ditonton. Menggeser maju membawa pengguna ke video yang disarankan berikutnya, sedangkan menggesek kembali akan membawamu ke video terakhir yang ditonton.

Dikutip dari TechCrunch, video yang kamu geser juga akan me-resume sesuai yang terakhir kali ditonton. Perubahan ini dirancang untuk memberi pengguna kontrol lebih besar atas pemutaran video di seluler. Beberapa perubahan memang telah YouTube keluarkan dalam tahun-tahun terakhir. Misalnya konten Stories, kontrol waktu layar, mode gelap, pemutaran video secara otomatis di beranda aplikasi seluler, dan banyak lagi.

Terjadi pula pada 2017, di mana mereka menambahkan berbagi video dalam aplikasi dan mulai bekerja untuk lebih mendukung berbagai format video ketika dilihat di aplikasi.

Selain itu, YouTube telah memikirkan cara untuk menggunakan gerakan lebih baik. Misalnya, pada 2017 pertama kalinya fitur ketuk dua kali video untuk melompat maju atau mundur 10 detik. Sapuan itu terasa seperti ekstensi alami dari fitur sebelumnya ini.

Dengan YouTube mengubah cara navigasi video, hal ini dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dengan konten videonya. Hal ini pula bisa mempermudah orang yang mulai menggunakan aplikasi untuk jangka waktu yang lebih lama.

Lebih banyak kesempatan untuk memonetisasi pengguna melalui iklan dan pembelian dalam aplikasi lainnya, seperti merch dan mata uang virtual (Super Chat).