Akhirnya MediaTek Umumkan Helio G90, Chipset untuk Para Smartphone Gaming

MediaTek mengumumkan chipset untuk smartphone gaming pertamanya, yaitu Helio G90. Perusahaan asal Taiwan tersebut mengumumkan Helio G90 melalui sebuah postingan di jejaring sosial Weibo.

Menurut MediaTek, SoC tersebut bakal diluncurkan pada akhir bulan Juli ini. Sayangnya, MediaTek tidak mencantumkan informasi lain mengenai chipset barunya itu. Meski demikian, bocoran tentang performanya telah beredar.

Mediatek Helio G90

G90 diprediksi berbasis pada Helio P90, yang memiliki CPU dengan dua inti Cortex-A75 (2.2GHz) dan enam inti A55 (2.0GHz).

Sementara untuk GPU, hardware itu disokong Imagination PowerVR GM9446 (970MHz), yang menjanjikan peningkatan 15 persen dibandingkan Mali-G72 yang ada pada Helio P70.

Untuk GPU pada chipset G90, MediaTek dinilai meningkatkan pengalaman gaming dengan modus khusus, seperti yang dimiliki chipset Kirin.

Kendati demikian, hal ini baru sebatas dugaan, MediaTek sendiri hingga kini belum membeberkan spesifikasi dari chipset tersebut.

Kehadiran Helio G90 dan Snapdragon 855 Plus milik Qualcomm diharapkan bisa memberikan pengalaman gaming yang jauh lebih baik.